BAYAM

Seperti buah bit, bayam kaya akan nitrat. Selain itu bayam juga tinggi akan antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat menjadi pilihan makanan penurun darah tinggi. Menurut studi yang dilansir di jurnal Clinical Nutrition Research pada tahun 2015, disebutkan bahwa subjek penelitian yang diberikan sayur bayam 500 ml setiap harinya selama 7 hari mengalami penurunan tekanan darah.

Berbagai buah, sayur, dan makanan di atas dapat menjadi pilihan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, jika ingin mengonsumsi buah dan sayur serta ingin mendapatkan manfaat penurun darah tinggi, sebaiknya konsumsi mentah dan tidak ditambahkan apapun. Konsumsinya juga tentu harus dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan menghindari hal yang meningkatkan risiko meningkatnya tekanan darah.

Wortel

Selama ini kamu mungkin hanya tahu manfaat wortel untuk kesehatan mata saja. Namun ternyata, wortel juga menjadi sayuran penurun darah tinggi, lho! Wortel mengandung chlorogenic, p-coumaric, dan caffeic acids yang dapat membantu turunkan tekanan darah.

Meski wortel dapat dicampurkan di berbagai olahan masakan, sebaiknya konsumsi mentah jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya sebagai makanan penurun darah tinggi. Studi dari Journal of Human Hypertension tahun 2014 pada 2.195 orang usia 40-59 tahun, menyimpulkan bahwa konsumsi wortel mentah secara rutin dapat menurunkan tekanan darah.

SEMANGKA

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan asam amino sitrulin yang ditemukan dalam buah semangka dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi. Sebuah studi menemukan mereka yang mengonsumsi ekstrak semangka mengalami penurunan tekanan darah secara alami, khususnya di pergelangan kaki dan arteri lengan.

BAWANG PUTIH

Sejak lama, bawang putih dipercaya sebagai makanan penurun darah tinggi. Antibiotik alami ini mengandung allicin sangat baik bagi penderita hipertensi. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa makan bawang putih memengaruhi pembuluh darah menjadi besar, yang mengakibatkan tekanan darah juga berubah.

PISANG

Sekali lagi, makanan penurun darah tinggi biasanya tinggi kalium. Nah, pisang bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk menurunkan darah tinggi secara alami. Satu pisang mengandung sekitar 420 miligram kalium. Jumlah ini setara dengan 11 persen dari konsumsi 4.700 miligram yang direkomendasikan American Heart Association setiap harinya.

SAYURAN HIJAU

Menurut Harvard Medical School, banyak sayuran berdaun hijau, seperti kubis, bayam, dan collard mengandung kalium dan magnesium yang merupakan mineral utama untuk mengendalikan tekanan darah. Nutrisi ini merupakan bagian penting dari diet DASH (Dietary Approaches to Stop)

Diet kaya kalium membantu tubuh menjadi lebih efisien dalam membuang kelebihan natrium. Sebaliknya, magnesium dalam sayuran hijau membantu meningkatkan aliran darah yang sehat.

TELUR

Telur juga bisa jadi pilihan makanan penurun tensi tinggi. Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam American Chemical Society, putih telur dapat menjadi makanan penurun darah tinggi alami.

Seperti yang dilaporkan pula oleh MensHealth.com, ketika tikus dengan tekanan darah tinggi diberi makan protein yang ditemukan dalam putih telur, tekanan darah mereka turun, sebanding dengan dosis rendah Captopril, obat penurun darah tinggi. Meski begitu, manfaat telur sebagai makanan penurun darah tinggi ini perlu penelitian lebih lagi.

JUS BUAH BIT

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2013 di jurnal American Heart Association Hypertension, orang dengan tekanan darah tinggi yang minum sekitar 8 ons jus bit tekanan darahnya turun sekitar 10 mmHg.

Bit bisa menjadi makanan penurun darah tinggi, karena diketahui mengandung zat yang bernama nitrat. Zat ini dapat diubah menjadi NO (nitrit oksida) di dalam tubuh yang berfungsi memperlebar pembuluh darah. Apabila pembuluh darah melebar, tekanan darah pun kemungkinan akan turun.

Sumber//https://www.klikdokter.com/info-sehat/jantung/makanan-penurun-tekanan-darah-tinggi-alami-dan-efektif


Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.