Puasa tarwiyah dan arafah merupakan ibadah puasa sunnah di bulan Zulhijah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh muslim. Salah satu keutamaan puasa tarwiyah dan arafah adalah diampunkannya dosa oleh Allah SWT. Hal itu karena kedua puasa ini dianggap istimewa karena dilakukan pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, yakni hari-hari yang dicintai oleh Allah SWT. Puasa tarwiyah dan arafah dilakukan pada hari-hari pertama di bulan Zulhijah yang merupakan bulan istimewa di mata Allah SWT. Ibadah puasa sunnah ini dilakukan di antara tanggal 1-9 Zulhijah.

Puasa tarwiyah dan arafah dilakukan dua hari menjelang Idul Adha. Sebagaimana dilansir dari NU Online, ulama dari Mahzab Syafi'i menyarankan agar umat islam melaksanakan puasa tarwiyah pada 8 Zulhijah dan puasa arafah pada 9 Zulhijah.

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

Sama seperti puasa pada umumnya, kedua puasa ini dilakukan dengan menahan lapar dan hawa nafsu sejak matahari terbit hingga matahari tenggelam. Berikut keutamaan puasa tarwiyah dan arafah yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Sama dengan berpuasa satu tahun penuh

Hadis yang diriwayatkan Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas mengibaratkan puasa tarwiyah seperti berpuasa setiap harinya selama satu tahun. Sementara puasa arafah seperti puasa selama dua tahun. "Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan puasa hari arafah seperti puasa dua tahun."

2. Pahala yang berlimpah dan ampunan dosa

Barang siapa yang menjalankan banyak ibadah sunnah seperti puasa tarwiyah dan arafah akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Tak hanya itu, Allah juga akan memberikan ampunan dosa selama dua tahun, yang lalu dan yang akan datang. Hal itu tercantum dalam Hadis Riwayat (HR) Muslim. "Puasa hari arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan yang akan datang, dan puasa Asyura (10 Muharam) dapat menghapus doa setahun yang lalu."

3. Hari yang istimewa

Hari-hari pada sepersepuluh bulan Zulhijjah adalah hari-hari yang istimewa. Abnu Abbas meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut.

ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

Artinya: Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah, daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Zulhijah. Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian kembali tanpa membawa apa-apa. (HR Bukhari)

 Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/