1. Membantu Meredakan Hidung Tersumbat

Dalam laman Healthline, disebutkan bahwa manfaat minum air putih hangat yaitu bisa meredakan hidung yang tersebut. Pasalnya, air hangat ini kan menghasilkan uap. Memegang secangkir air hangat dan menghirup uapnya bisa membantu melonggarkan sinus yang tersumbat. Bahkan, hal itu juga dipercaya bisa meredakan sakit kepala sinus.

2. Membantu Meringankan Gejala Penyakit Akalasia

Manfaat minum air hangat selanjutnya yaitu mampu membantu meringankan gejala akalasia. Akalasia merupakan kondisi di mana kerongkongan mengalami kendala dan kesulitan, dalam memindahkan makanan dari tenggorokan ke perut. Penderita akalasia akan mengalami gejala kesulitan untuk menelan. Air hangat akan membantu mereka dalam menelan makanan.

Sejatinya para peneliti juga belum yakin mengapa. Namun, dalam studi tahun 2012 pada unggahan jurnal National Library of Medicine oleh Yutan Ren, dkk, dari Southern Medical University, menemukan bahwa minum air hangat bermanfaat untuk membantu penderita akalasia mencerna makanan lebih nyaman.

3. Meredakan Sakit Tenggorokan

Studi tahun 2008 yang dilakukan A Sanu dan R Eccles dari Cardiff University, UK, menemukan bahwa minum air hangat seperti teh, mampu memberikan kelegaan yang cepat saat kita sedang sakit tenggorokan, batuk, pilek, hingga kelelahan. Manusia memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan. Di sini, minum air hangat akan membantu menghangatkan area tersebut serta meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan dari penumpukan lendir.

4. Membantu Meredakan Sembelit

Secara umum, dehidrasi (kondisi kehilangan banyak cairan dalam tubuh) merupakan penyebab sembelit. Sembelit adalah kondisi seseorang mengalami kesulitan buang air besar atau BAB. Minum air hangat bisa menyembuhkan penyakit sembelit. Di banyak kasus, minum air menjadi cara efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit. Kondisi tubuh yang tetap terhidrasi akan membantu melunakkan fases, sehingga membuatnya bisa lebih mudah untuk keluar.

5. Meningkatkan Sistem Saraf Pusat

Manfaat minum air hangat setiap hari yaitu bisa meningkatkan fungsi sistem saraf pusat. Pasalnya, jika tubuh tidak mendapatkan cukup air hal ini akan berdampak pada fungsi sistem saraf.

Sebuah penelitian tahun 2009 oleh Hayley A. Young, dkk, dari Swansea University, membuktikan air minum bisa meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat dan suasana hati. Di mana, hal ini juga bisa mengurangi kecemasan.

6. Menurunkan Stres

Disebutkan sebelumnya bahwa meminum air panas atau hangat bisa membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, oleh karena itu rasa cemas mungkin juga akan berkurang. Penelitian yang dilakukan Nathan B. Morris dari Ollie Jay dari University of Sydney, tahun 2004 menemukan bahwa sedikit minum air, bisa mengakibatkan perasaan tentang serta emosi positif berkurang. Jadi, tetap terhidrasi akan membantu meningkatkan suasana hati dan tingkat relaksasi.

7. Mengurangi Rasa Kedinginan dan Menggigil

Studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Nathan B. Morris dan Ollie Jay dari University of Sydney, Australia, menemukan air hangat bisa membantu untuk mengurangi rasa menggigil yang menjadi respon alami tubuh. Selain itu, air ini juga akan bekerja lebih sedikit untuk menjaga suhu tubuh.

8. Membuat Tidur Semakin Nyenyak

Kehangatan yang didapatkan dari air hangat saat mandi di malam hari atau saat diminum, juga bisa membantu tubuhmu menjadi rileks. Sehingga, dengan minum air hangat pada sebelum tidur membuat tidur lebih nyenyak.

9. Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Dari catatan detikFood, sistem pencernaan sejatinya tidak dalam kondisi terbaik saat malam hari. Dalam hal ini, minum air hangat berperan dalam memecah makanan lebih cepat.

Meminum air hangat mampu membantu mencerna makanan lebih cepat. Sehingga, bisa cocok untuk diet dalam menurunkan berat badan lebih cepat.

10. Membantu Menetralkan Tubuh

Air hangat mampu berperan untuk meningkatkan suhu internal tubuh, serta menghasilkan keringat. Di mana, keringat akan mengarah pada sirkulasi darah yang lebih baik. 

11. Membantu Membuang Racun dalam Tubuh

Manfaat minum air hangat lainnya adalah dipercaya bisa membantu mendetoksifikasi tubuh, yang dapat membuang racun dalam tubuh. Namun, belum ada bukti yang pasti air hangat bisa memiliki manfaat khusus dalam hal ini.

12. Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

Manfaat minum air hangat saat bangun tidur yaitu bisa membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Walaupun beberapa studi menunjukan air dingin dianggap paling baik untuk rehidrasi. Namun, minum air pada suhu berapa pun juga akan membantu kita tetap terhidrasi. Kamu bisa mencoba memulai hari dengan secangkir air hangat, lalu mengakhiri hari dengan secangkir air hangat lagi. Pada dasarnya tubuh membutuhkan air untuk melakukan setiap fungsi penting di dalamnya.

 

13. Membantu Menjaga Sistem Pencernaan

Minum air juga bisa membantu menjaga sistem pencernaan. Pada saat air bergerak melalui usus dan perut, hal ini bisa membuat tubuh kita mampu menghilangkan limbah dalam tubuh. Teorinya yaitu air panas juga bisa melarutkan serta menghilangkan makanan, bahkan makanan yang mungkin akan sulit dicerna oleh tubuh kita. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan manfaat minum air hangat yang satu ini.

14. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat minum air hangat di pagi hari yaitu bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh. Mandi air hangat bisa membantu organ peredaran darah akan bekerja lebih efektif ke seluruh tubuh. Mungkin minum air panas juga akan berefek serupa. Aliran darah yang sehat akan mempengaruhi tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

15. Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat minum air hangat sebelum tidur adalah bisa membantu melindungi ginjal. Yumi Nakamura, dkk, dalam studinya tahun 2020, menemukan bahwa minum lebih banyak air bisa membantu melindungi ginjal, sekaligus membantu mengencerkan bahan limbah dalam darah.

Itu tadi penjelasan tentang manfaat minum air putih sepanjang hari, baik itu di pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Jadi, sekarang detikers sudah tahu bukan apa saja manfaat minum air putih hangat?

 Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.

Sumber//https://www.detik.com/bali/berita/d-6413331/15-manfaat-minum-air-hangat-di-