Filled Under:

7 Fakta Soal Masjid Al-Aqsa

Share

Dikutip dari kumparan.com, Kekerasan kembali terjadi di Masjidil Aqsa, Yerusalem, dalam sepekan terakhir. Bentrokan antara pasukan Israel dan warga Palestina memakan korban jiwa, aroma ketegangan merebak hingga ke seluruh dunia.

Ini bukan kali pertama peristiwa serupa terjadi di Kota Tua Yerusalem. Setidaknya setahun sekali ada kehebohan di wilayah ini. Pekan ini, bentrokan terjadi karena tentara Israel menutup akses ke Masjidil Aqsa, menuai protes dari umat Islam Palestina.

Tidak banyak dari kita yang paham soal fakta penting soal Masjid Al-Aqsa. UPVC COOCA merangkum 7 fakta penting soal Masjid Al-Aqsa:

1. Klaim Soal Situs Suci Tiga Agama

Kota Tua Yerusalem hanya seluas kurang dari 1 km persegi, tapi diklaim mencakup banyak situs suci dari tiga agama: Islam, Yahudi, dan Kristen.

Bagi umat Islam, Masjidil Aqsa adalah kiblat pertama dan masjid suci ketiga terbesar setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.


Bagi umat Kristen, mereka mengklaim bahwa di tempat itu Yesus disalib dan dibangkitkan. Sementara bagi umat Yahudi, Kota Tua Yerusalem diklaim sebagai tempat paling suci, situs bekas kerajaan Israel dan kuil-kuil Yahudi.


2. Masjid Al-Aqsa Terdiri Dari Beberapa Masjid

Tidak seperti yang diyakini banyak orang, Masjidil Aqsa bukanlah masjid berkubah emas. 
Masjidil Aqsa adalah sebuah kompleks di Kota Tua Yerusalem yang mencakup Kubah Batu (Dome of Rock/Qubbatu Shakhrakh) yang berkubah emas, Masjid Qibly, Masjid Buraq, dan Masjid Marwani. Masjid Qibly yang biasa disebut Masjid al-Aqsa karena paling dekat dengan kiblat di Kabah, Mekah.

Kompleks masjid-masjid ini dinamakan Masjidil Aqsa atau Haram al-Sharif.

3. Kubah Pertama di Dunia

Dome of Rock disebut sebagai kubah pertama yang dibangun di dunia. Bangunan itu didirikan di masa Kekhalifahan Bani Umayyah oleh Abdul Malik bin Marwan. Awalnya kubahnya tidak berwarna emas, melainkan kayu yang dilapis kuningan, atau keramik. 1.000 tahun kemudian di Kekhalifahan Ottoman lapisan emas baru ditambahkan.

Di dalamnya terdapat batu yang diyakini tempat Nabi Muhammad bertolak ke langit dalam peristiwa Isra Miraj. Bagi umat Yahudi, batu itu juga diyakini tempat Nabi Ibrahim akan mengorbankan putranya, Ismail.


4. Pernah Jadi Tempat Sampah

Romawi menjadi kompleks Masjidil Aqsa sebagai tempat penimbunan sampah. Kala itu, umat Yahudi diusir dari Yerusalem. Barulah ketika Yerusalem dibebaskan oleh Khalifah Umar bin Khattab, sampah dibersihkan oleh tangan Umar sendiri. 

Umar juga memperbolehkan kembali Yahudi masuk Yerusalem yang telah terusir selama satu abad.

5. Pernah Dibakar dan Dihancurkan

Beberapa kali masjid-masjid di Masjidil Aqsa dihancurkan lalu dibangun lagi karena peperangan, invasi, atau bencana.

Tahun 700-an, masjid Al-Aqsa hancur karena gempa bumi di Yerusalem. Pada pendudukan Israel tahun 1967, kerusakan terjadi akibat kekerasan zionis.

Tahun 1969, warga Australia Denis Michael Rohan membakar mimbar Al-Aqsa. Tahun 1982, Alan Goodman, tentara Amerika-Israel beragama Yahudi, menembaki jemaah di Al-Aqsa, menewaskan dua orang dan melukai 11 orang.

Kini ancaman kehancuran Masjidil Aqsa dari tentara Israel yang kerap merusak dalam bentrokan. Israel juga melakukan ekskavasi dan penggalian di situs-situs suci, merusak 
pondasi masjid. 


6. Saksi Pembantaian Ribuan Muslim


Masjidil Aqsa menjadi saksi pembantaian ribuan umat Islam dalam invasi Tentara Salib tahun 1099. 

Ketika Tentara Salib memasuki Yerusalem, ribuan umat Islam berlindung di Masjidil Aqsa. Sekitar 70 ribu umat Islam dibantai saat itu. Masjidil Aqsa kemudian diubah menjadi istana, Dome of Rock jadi gereja, dan ruang bawah tanah masjid jadi kandang kuda.

Muslim yang selamat dari pembantaian pertama kemudian disalib. Barulah setelah 88 tahun, tentara Islam pimpinan Salahudin al Ayubbi berhasil membebaskan Yerusalem.

7. Hilangnya Situs Penting Al-Aqsa

Pada Tahun 1962 Israel melakukan serangan paling kontroversial dengan membongkar mimbar Salahuddin Al-Ayyubi dan interior masjid Al-Qibli.

Demikian 7 fakta penting soal Masjid Al-Aqsa. Jangan lupa juga untuk menjelajahi website UPVC COOCA BANDUNG dan temukan Kusen, Jendela, dan Pintu UPVC yang sesuai dengan keiinginanmu.

Sumber: kumparan.com