Sebentar lagi umat Islam akan kedatangan tamu istimewa, bulan Ramadhan. Pada bulan penuh kemuliaan ini, segala amal baik pahalanya akan dilipatgandakan.Bulan suci ini juga penuh keberkahan, dunia dan akhirat. Contoh kecil, lihat saja pedagang-pedagang yang omzetnya melonjak tinggi pada pada Ramadhan.Pada akhir Sya'ban ini, ada baiknya kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menyambut Ramadhan. Salah satunya dengan mengaji atau menuntut ilmu. Dengan ilmu, Ramadhan kita akan lebih bermakna dan mudah-mudahan akan menjadi syafaat di hari kiamat.

   Salah satu amal baik yang dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah sedekah. Nabi bersabda, “Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan” (HR. At-Tarmudzhi).Bersedekah, juga merupakan satu sikap kedermawanan yang sekaligus menjadi sifat yang disukai Allah SWT.“Sesungguhnya Allah SWT itu Maha memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi).
     Oleh karena itu, dianjurkan untuk sedekah di bulan Ramadhan maupun di luar Ramadhan, walaupun jumlahnya sedikit.

1. Dibebaskan dari siksa kubur

Bagi setiap Muslim yang memberikan sedekah, dapat dibebaskan dari siksa kubur. Rasulullah Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani).

2. Dijauhkan dari api neraka

Banyak atau sedikitnya dalam kita bersedekah, ternyata berpengaruh dalam menjauhkan diri kita dari api neraka. Semakin banyak sedekah, semakin jauh kita darinya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

3. Merasakan Dada Lapang dan bahagia

Orang yang bersedekah akan mendapatkan kelapangan dada dan hati yang bahagia. Hal ini diumpamakan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari).

4. Pahala Berlipat Ganda dengan Balasan Surga

Pahalanya akan dilipatgandakan Kemudian, orang yang bersedekah juga akan mendapatkan keutamaan lain. Keutamaan tersebut yakni Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah tersebut.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang menafkahkan sebagian harta mereka, baik laki-laki maupun perempuan, dengan sukarela tanpa disertai dengan mengungkit-ungkit pemberiannya dan tidak menyakiti perasaan orang yang menerima, maka pahala amal perbuatan mereka dilipat gandakan; kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya hingga tujuh ratus kali lipat, hingga berlipat-lipat, dan di samping itu mereka mendapatkan pahala yang baik di sisi Allah, yaitu Surga.” (QS. al-Hadid ayat 18).

5. Sebagai penghapus dosa

Bagi orang yang bersedekah, akan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang pernah mereka perbuat.

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Namun, dosa dapat diampuni apabila disertai pula dengan taubat.

Allah SWT berfirman: “Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf ayat 99).

Sumber :https://www.liputan6.com/islami/read/5236514/dahsyatnya-sedekah-di-bulan-ramadhan-dosa-dihapus-bebas-siksa-kubur-lalu-masuk-surga

Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.