Korban tewas akibat gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah kini melampaui 21.051, Jumat (10/2/2023). Sebanyak 17.674 korban meninggal ditemukan di Turki sementara 3.377 di Suriah.

Para ahli khawatir jumlahnya akan semakin meningkat. Apalagi hawa dingin yang saat ini melanda, menghambat pencarian ribuan orang yang masih tertimpa bangunan dan mengancam nyawa korban gempa lain yang tak memiliki tempat berlindung serta air minum. "Tim penyelamat mencari korban selamat di lokasi bangunan yang runtuh dalam kegelapan di kota Adiyaman dengan suhu di bawah titik beku," kata lembaga penyiaran Turki dikutip Reuters. "Kami menemukan bibi saya, tapi bukan paman saya," kata Rania Zaboubi, seorang pengungsi Suriah yang kehilangan delapan anggota keluarganya, dimuat AFP. "Situasinya sangat buruk. Dan tidak ada bantuan," kata warga lainnya, Ibrahim Khalil.

Gempa terjadi Senin di pusat kota Kahramanmaras, Turki, dengan magnitudo 7,8. Dikutip BBC International, ini disebabkan aktivitas Anatolian Plate (Lempeng Anatolia). Gempa kemudian disusul dengan gempa lain, di hari yang sama, dengan magnitudo 7,5. Itu diyakini makin menambah jumlah korban jiwa.

Tak hanya terasa di Suriah, gempa juga menggoyang Mesir, Lebanon, Yordania, Yunani. Bahkan memicu peringatan tsunami di Italia.

Sementara itu, kemarahan meningkat atas penanganan bencana oleh pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan. Ini karena lamanya tim evakuasi pemerintah datang ke lokasi korban.

Seorang pejabat Turki mengatakan bencana itu menimbulkan "kesulitan yang sangat serius" untuk penyelenggaraan pemilihan yang dijadwalkan pada 14 Mei nanti. Erdogan diperkirakan akan menghadapi tantangan terberatnya dalam dua dekade berkuasa. "Dengan kemarahan yang membara atas keterlambatan pengiriman bantuan dan upaya penyelamatan yang sedang berlangsung, bencana tersebut kemungkinan besar akan mempengaruhi pemungutan suara jika terus berlanjut," kata pejabat itu dimuat Reuters.

Perlu diketahui bencana datang saat ekonomi Turki tidak baik-baik saja. Inflasi masih tinggi 57,7%. "Jika ada salah penanganan dalam upaya penyelamatan, masyarakat akan frustasi dan akan ada reaksi pergolakan," ujar pendiri Cribstone Strategic Macro, Mike Harris, dikutip dari CNBC International.

"Dan masalah lainnya tentu saja adalah gedung-gedung yang telah runtuh. Sejauh ini dibangun di bawah kode baru dan pihak berwenang tidak memberlakukan peraturan. Mungkin ada pukulan serius bagi Erdogan sehingga ia kehilangan kendali atas narasinya," lanjut Harris.

Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.

 

Sumber//https://www.cnbcindonesia.com/news/20230210050354-4-412625/korban-tewas-gempa-turki-jadi-21000-warga-marah-ke-erdogan