Hallo.......mengingat liburan akhir tahun sudah sangat dekat Sepertinya, tak ada satu pun orang yang tidak antusias dengan liburan akhir tahun. Meski begitu, sayangnya liburan akhir tahun seringkali dikaitkan dengan liburan yang paling menguras biaya. Bagaimana tidak, biaya transportasi dan akomodasi yang melonjak membuat kamu harus bijak dalam merencakan liburan akhir tahun. Jangan sampai uang tabungan habis sepulang dari liburan. Mumpung masih ada waktu menuju pergantian tahun, tidak ada salah nya mengikuti beberapa tips liburan hemat berikut ini.

1. Tentukan bujet liburan

    Hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan bujet liburan. Tentukan berapa banyak uang yang mau kamu habiskan untuk liburanmu kali ini. Jangan jadikan liburan sebagai ajang untuk pamer di media sosial, sebaliknya manfaatkan liburan sebagai cara untuk menyegarkan pikiran.

    Selain itu, kamu juga harus menentukan sumber dana liburan yang akan kamu gunakan. Sumber uang bisa berasal dari uang bonus akhir tahun atau uang yang memang sudah dikumpulkan dari jauh-jauh hari. Jika kamu memiliki tabungan khusus untuk liburan, maka gunakan saja tabungan itu sepenuhnya dan jangan menyentuh tabungan lainnya.

2. Tentukan destinasi liburan yang sesuai bujet

    Kalau sudah tentukan bujet, maka selanjutnya tentukan destinasi liburan yang sesuai dengan bujet yang kamu punya. Jika uang yang kamu miliki hanya mampu membawamu liburan ke dalam negeri, maka pilih daerah yang menyuguhkan atraksi wisata menarik, terutama dalam merayakan semarak pergantian tahun. Daerah wisata seperti Bandung, Jogja, Malang, Semarang, Lombok, dan Bali mungkin bisa jadi rekomendasi tempat liburan akhir tahunmu kali ini.

    Setelah memilih destinasi, selanjutnya kamu harus menentukan kawasan mana saja yang ingin kamu kunjungi selama di sana. Supaya bisa liburan hemat, pilih tempat wisata yang tak terlalu mahal, yang dekat dengan tempat kamu menginap. Penting juga untuk kamu membuat itinerary. Sambil membuat itinerary, catat juga biaya yang akan dikeluarkan di masing-masing tempat wisata. Cara ini akan mempermudah kamu dalam memperhitungkan keuanganmu selama liburan.

    Tak hanya tempat wisata saja yang harus kamu masukkan ke dalam daftar perjalananmu, tujuan tempat makan juga harus kamu sertakan di dalam itinerary supaya kamu tak boros saat makan. Pilih tempat makan yang enak dan murah. Kamu bisa menggunakan situs wisata travel yang dapat memberikan rekomendasi hotel, tempat wisata, dan masih banyak lagi.

3. Tentukan prioritas utama dalam memilih akomodasi

    Konsep liburan hemat adalah win-win solution. Maksudnya, kamu harus bisa memprioritaskan apa yang benar-benar kamu inginkan. Misalnya, merelakan pergi dengan kereta ekonomi, namun kamu bisa mengalokasikan sisa dana untuk menginap di hotel yang bagus dan nyaman, atau kamu bisa menghemat bujet hotel untuk kebutuhan lainnya.

    Jangan lupa untuk menyisakan uang untuk keperluan makan dan transportasi selama liburan. Yang penting, pilih kombinasi terbaik yang sesuai dengan isi dompetmu, ya.

4. Siapkan uang tunai

Supaya bujet liburan tidak membengkak, jangan gunakan kartu kredit selama liburan. Upayakan untuk selalu membawa uang tunai ke mana pun kamu pergi. Sesuaikan uang yang akan kamu bawa dengan kebutuhan selama liburan. Walau begitu, kamu harus tetap menyediakan uang tambahan untuk keperluan lain-lain.

5. Usahakan Catat Semua biaya Pengeluaran Selama Liburan

        Untuk menghindari kelebihan budget,, ada baik nya untuk mencatat setiap pngeluaran, tujuan nya agar kita bisa mengatur keuangan untuk lbih hemat lagi, dan bisa juga sebagai acuan untuk liburan selanjut nya..

     Semoga tips di atas bisa membantu teman-teman yang hendak liburan dengan keluarga,teman, atau pasangan. Pada inti nya sehemat apapun perjalan liburan tetap saja akan mengeluarkan uang sedikit lebih besar dari kebutuhan harian biasa nya...

Selamat berlibur,,, selamat quality time bersama org tersyang,, dan jangan lupa ambil fto sebanyak-banyak nya. 


Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.