Tidak terasa kita sudah tiba di musim mudik. Sudahkah kamu mempersiapkan segala kebutuhan mudik dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri? Sudah ataupun belum, ada baiknya mensiasati cara packing efisien untuk mudik nanti. Nyaman atau tidaknya mudik ditentukan oleh diri sendiri, mulai dari pilihan transportasi seperti bus mudik, pesawat terbang, kereta api, mobil pribadi dan lain-lain. Setelah mengetahui jenis transportasi untuk mudik, saatnya kamu mensiasati cara packing mudik efisien agar perjalanan mudik jadi lebih nyaman, aman, dan menyenangkan. Pelajari cara packing mudik efisien dari sekarang, berikut ini tips dan trik packing efisien untuk bekal persiapan mudik nanti.

Tips Packing Mudik, Lebih Efisien

Jangan sampai koper terlalu banyak buatmu jadi repot dan tak nyaman saat mudik. Ini dia tips untuk packing mudik yang lebih efisien!

Gulung Pakaian

          Memasukan pakaian terlipat ke dalam tas atau koper sudah menjadi kebiasaan. Namun, ada trik menghemat ruang pada koper atau tas yaitu dengan cara menggulung pakaian sebelum dimasukan ke dalam koper atau tas. Menggulung pakaian membuat koper atau tas tampak lebih rapi dan tertata, serta tidak membuat kusut pakaian.

Sesuaikan Lama Mudik dengan Jumlah Pakaian

          Cara packing efisien untuk mudik adalah mengoptimasi barang bawaan sehingga tidak berlebihan dan merepotkan selama perjalanan mudik. Oleh karena itu, hitung jumlah kebutuhan pakaian sesuai dengan lamanya masa mudik dari berangkat hingga pulang.

Pisahkan Kebutuhan Esensial untuk di Perjalanan

          Kebutuhan esensial seperti charger, sabun cuci muka, obat-obatan, dan lain-lain dibutuhkan selama menempuh perjalanan menuju destinasi mudik. Pastikan barang-barang tersebut mudah dijangkau saat dibutuhkan. Sekalipun tidak sedang sakit, bawalah obat-obatan untuk mengantisipasi serangan penyakit di perjalanan.

Membawa Tas Lipat

          Sepulang lebaran, pastinya tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh dari kampung halaman. Agar tidak memenuhi koper atau tas untuk menampung pakaian, membawa tas lipat adalah solusi packing mudik efisien menyimpan oleh-oleh.

Bawa Barang Multifungsi

          Agar packing mudik efisien, peralatan multifungsi terbukti menghemat banyak ruang pada wadah penyimpanan untuk mudik. Sebagai contoh, tidak perlu membawa kamera digital jika sudah memiliki smartphone berkamera.

Mengkategorikan Jenis Barang Bawaan

          Mudik tidak hanya membawa pakaian, pasti ada benda lainnya yang dibawa. Kategorikan masing-masing bawaan berdasarkan jenisnya seperti pakaian, benda elektronik, alat mandi, obat-obatan, dan sebagainya berdasarkan kebutuhan. Mengkategorikan barang bawaan akan mempermudah proses pengecekan benda apa saja yang belum terbawa.

Menata Tas atau Koper berdasarkan Prioritas

          Kamu harus memahami tingkat prioritas barang bawaan. Pakaian dan peralatan mandi akan dikeluarkan saat mencapai destinasi mudik, sedangkan kabel charger dan botol minum dibutuhkan selama perjalanan. Simpan barang prioritas selama perjalanan di tas ketimbang di koper agar mudah diambil.

Menyesuaikan Jenis Transportasi

            Menggunakan mobil pribadi bukan berarti kamu bisa membawa banyak barang. Jika jumlah mobil terbatas dan anggota keluarga berlebih, maka yang harus dikorbankan adalah jumlah barang bawaan. Jika bepergian menggunakan pesawat terbang, pastikan kapasitas bawaan tidak melampaui batas beban maksimal karena kamu perlu membayar kelebihan beban.

Memilih Koper yang Tepat untuk Kebutuhan

          Semakin besar koper, bukan berarti semakin banyak ruang untuk membawa barang. Koper besar malah akan memakan ruang pada kendaraan selama perjalanan mudik. Oleh karena itu, sesuaikan koper dengan kebutuhan dan bawaan. Packing mudik yang efisien akan tercapai jika ukuran koper tidak kebesaran atau kekecilan.

            Semoga tips di atas ber manfaat ya sahabat,,, semoga mudiknya menyenanhkan, selamat berkumpul dengan keluarga tercinta.

Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.