Periksa performa kendaraan sebelum berangkat

                Tips mudik penting yang satu ini harus kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik. Pastikan kamu udah memeriksa kesiapan performa kendaraan untuk dibawa perjalanan jauh saat mudik nanti untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

Bawa perlengkapan perlengkapan otomotif

                Ban serap, obeng, kunci dan berbagai perlengkapan otomotif lain adalah hal yang wajib kamu bawa saat mudik nanti. Meskipun kondisi mobilmu sudah cukup prima untuk perjalanan jauh, tapi membawa perlengkapan otomotif juga bisa jadi tips mudik yang akan membantumu mengatasi hal yang nggak diinginkan terjadi.

Pastikan surat kelengkapan mobil

                Nah ini poin paling penting nih sahabat, jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik, kamu wajib untuk memastikan bahwa surat kendaraanmu masih lengkap dan berlaku. Tips mudik yang satu ini berguna banget buat keamanan perjalananmu saat mudik nanti.

Tidur yang cukup sebelum berangkat

                Tempat yang paling nyaman buat tidur ya tetap di kasur pribadi di rumah. Di perjalanan mudik, mau naik pesawat, kereta ataupun mobil, pastinya kamu nggak bakalan bisa mendapatkan tidur berkualitas. Jadi, usahakan untuk nabung tidur dulu sebelum berangkat mudik biar kamu nggak drop.

Gunakan baju yang nyaman

                Kamu pasti bakalan berada di perjalanan yang panjang dan lama, terlebih lagi mengantisipasi kemacetan. Untuk membuatmu tetap nyaman selama perjalanan, usahakan untuk menggunakan baju yang nyaman, seperti celana katun, kaos dan juga jaket. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat yang bisa membuatmu nggak nyaman bergerak.

Bawa makanan yang bisa tahan lama

                Kalau kamu mudik naik pesawat dan kereta, mungkin kamu nggak perlu khawatir lagi soal makan siang atau makan malam karena bisa dipesan langsung di kereta atau pesawat tersebut. Tapi, kalau kamu mudik naik bis umum atau bahkan mobil pribadi, penting tuh untuk membawa makanan yang bisa tahan lama, khususnya untuk mengantisipasi kalau terjadi kemacetan dan sulit untuk mendapatkan makanan di sekitar.

Hindari merokok di dalam mobil

                Meskipun kamu mudik menggunakan mobil pribadi, tapi bukan berarti kamu bebas merokok, kan? Terutama kalau kamu mudik dengan keluarga, hal ini pasti akan membuat penumpang lain nggak nyaman akibat asapnya tersebut. Lagipula, aroma asap rokok pasti akan susah hilang dan bisa bikin sesak nafas juga.

Baterai dan pulsa

                Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.

Tips mudik, jangan berangkat waktu mepet lebaran

                Salah satu tips mudik yang perlu kamu perhatian pula adalah jangan berangkat waktu mepet lebaran biar kamu bisa bepergian santai. Duduk berjam-jam di mobil pasti akan membuat tubuhmu pegal dan bahkan menimbulkan resiko pencernaan. Makanya, dengan berangkat jauh-jauh hari, kamu bisa melakukan perjalanan yang santai dengan beberapa kali istirahat dan bahkan nggak perlu ngebut.

Berhenti saat merasa lelah

                Setiap orang yang mudik pasti selalu ingin cepat sampai tujuan. Tapi, bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan saat terasa lelah atau mengantuk. Hal tersebut sangat berbahaya yang bisa mengakibatkan hilang fokus dan bahkan kecelakaan. Makanya, sebagai pengemudi, usahakan untuk langsung melipir saat merasa mengantuk atau terlalu lelah. Tidur 15 hingga 30 menit pasti akan sangat berguna.

Kenali karakteristik daerah yang akan dilalui

                Jalur yang dilalui para pemudik biasanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya, ada daerah dengan jalanan rusak, jalanan yang berkelok, jalanan yang sulit signal, minim lampu dan bahkan daerah yang sering dilalui oleh binatang hutan. Dengan memahami karakteristik daerah yang berbeda-beda tersebut, kamu bisa mengantisipasi hal yang akan terjadi biar nggak kaget dan panik.