sering kali keuangan pada bulan ramadhan biasanya tidak ter kontrol karena di sebabkan oleh beberapa faktor seperti, terlalu sering berbuka puasa di luar, belanja sesuatu yang cenderung kurang di perlukan, dan beberapa hal lain yang menyebab kan keuangan di bulan ramadhan kurang stabil. untuk menghindari hal tersebut disini ada beberapa tips yang mungkin bisa berguna untuk sahabat.

1. Buat Anggaran atau Rencana Keuangan

Untuk  memudahkan  cara menghemat pengeluaran selama bulan puasa, kamu harus bikin rencana keuangan. Buat daftar pengeluaran yang direncanakan untuk makan sahur, berbuka, beli takjil, dan sebagainya. Anggarkan juga biaya untuk hiburan seperti buka bersama teman di luar rumah. Yang paling penting dan tidak boleh terlupa, adalah budget untuk membayar zakat fitrah dan sedekah.

Kamu juga harus pintar-pintar, nih, menyusun daftar prioritas pengeluaran apa saja yang penting buatmu. Contohnya, bayar zakat fitrah. Jadi, kalau misalnya uangmu mepet, kamu tahu pengeluaran mana yang harus didahulukan.

2. Catat Pengeluaran Harian

Kalau sudah bikin rencana keuangan untuk sebulan, dalam penerapannya kamu harus rajin mencatat pengeluaran harian, ini sangat berguna untuk mengontrol pengeluaran, apa lgi sekarang ini semua harga barang sangat melambung tinggi. Soalnya, nih, kalau kamu tidak membatasi dan mencatat pengeluaran apa saja yang dilakukan, alih-alih berhemat, kamu malah makin boros. Contohnya, merasa tidak mengeluarkan uang untuk makan siang, tetapi setelah buka puasa justru uangnya dipakai untuk nongkrong di luar  sampai larut malam atau sekedar jajan yang sebenar nya kamu tidak butuh melainkan hanya ingin. Kalau begini, pengeluaranmu akan bocor secara halus. nah, dengan adanya kamu mencatat berapa pengeluaran harian maka kamu akan lebih dapat mengontrol keuangan dan kamu tahu berapa yang sudah dikeluarkan dan kelola sisanya dengan bijak.

3. Belanja Makanan Sesuai Kebutuhan

Biasanya harga bahan makanan selama bulan puasa juga ikut melonjak naik. Untuk tetap bisa berbelanja dengan lebih hemat, belilah bahan makanan pokok untuk makan saat sahur dan berbuka. Selama kebutuhan makanan Anda terpenuhi dengan baik, maka Anda tidak perlu membeli makanan tambahan atau jenis makanan lainnya sebagai salah satu cara menghemat.

4. Masak Sendiri

poin ini juga sangan berpengaruh, Untuk menjaga kehematan dan kebersihan makanan selama bulan puasa, yang harus Kamu lakukan adalah memasak sendiri menu sahur dan berbuka. Dengan memasaknya sendiri, Kamu juga terpancing untuk menghabiskannya. Lagipula, Kamu juga bisa mengatur semua yang terkait rasa agar pas dengan lidah Kamu.

5. Menu berbuka dan sahur bisa digabung

Tak perlu buang energi, waktu, dan uang untuk menambah jumlah menu harian di Bulan Puasa. Kamu bisa memasak menu berbuka puasa yang nantinya bisa digunakan lagi sebagai menu sahur. Selain hemat uang, Kamu juga menghemat waktu karena hanya cukup memanaskan hidangan buka puasa tadi. Kesegarannya pun masih sangat bisa ditoleransi, kok.

6. Tidak membeli baju lebaran

Poin ini cukup menentang dan sangat tidak mungkin rasanya tidak membeli baju baru di hari lebaran, apa lagi untuk yang punya anak, namun kamu bisa mengantisipasi  nya dengan beli secukup nya, sesuai kebutuhan dan pastinya sesuai dengan budget yang kamu punya,

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu untuk berhemat dan mengontrol keuangan di bulan ramadhan.

Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.