Daging sapi adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan protein baik. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, daging sapi tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang. Bagi Anda yang gemar mengonsumsi daging sapi, memilih daging sapi yang segar dan berkualitas baik tentulah poin utama.

Jangan khawatir, berikut adalah tips memilih daging sapi yang segar:

1. Perhatikan warna daging sapi

          Cara memilih daging yang segar bisa dilihat dari warnanya. Perhatikan warna daging sebelum membeli. Daging sapi yang memiliki kualitas baik adalah daging yang masih berwarna merah ceri dan tampak segar. Cara ini bisa dibilang adalah cara paling mudah untuk melihat kualitas daging. Sebaiknya jangan pilih daging yang warnanya sudah terlihat pucat atau kotor.

2. Rasakan tekstur daging sapi

          Daging segar memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek. Jika Anda menekan daging dan kembali ke bentuk semula maka dipastikan daging segar dan baru. Jika saat ditekan daging lembek dan tidak kembali ke bentuk semula, kemungkinan daging sudah rusak dan busuk.

3. Cium aroma daging

          Cium aroma yang keluar dari daging untuk memastikan segar atau tidak. Daging sapi yang kualitasnya baik biasanya memiliki aroma yang segar khas sapi. Sedangkan daging yang sudah mulai membusuk biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau tercium bau amis yang menyengat.

4. Pastikan daging tidak berair

          Anda mungkin sering melihat cairan berwarna merah mirip darah di sekitar daging. Cairan tersebut sebenarnya adalah "sari" yang dikeluarkan oleh daging. Untuk itu, jika ingin membeli daging sebaiknya pilih yang tidak berair, karena jika daging sapi mengeluarkan banyak air artinya daging tersebut sudah cukup lama berada di udara bebas atau kemungkinan daging gelonggong.

5. Hindari untuk membeli daging beku

          Meskipun tidak semua daging beku sudah tidak segar namun kualitasnya tentu berbeda. Jika Anda terpaksa membeli daging beku, hindari daging yang ada bunga esnya, karena hal tersebut menunjukkan daging sudah disimpan dalam waktu yang lama.

6. Cek tanggal produksi

          Cek tanggal pada kemasan pembungkus daging. Perhatikan tanggal pemotongan dan batas konsumsi yang tercantum pada labelnya.

Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.

Sumber:https://koran-jakarta.com/tips-memilih-daging-sapi-segar-dan-berkualitas-baik-untuk-dikonsumsi?page=all