Lebaran sebentar lagi nih, Bun. Tentunya sajian daging sudah mulai dipersiapkan untuk hidangan hari raya ya.

Daging sapi atau kambing bisa dimasak untuk berbagai jenis sajian. Daging tersebut paling nikmat dimakan jika terasa empuk atau tidak alot saat digigit.

Teknik pressure cooking atau presto adalah cara yang sering digunakan dalam memasak daging supaya empuk. Bila Bunda tak punya panci presto, tetap bisa kok memasak daging agar empuk.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 3 teknik memasak daging agar empuk. Catat ya sahabat

1. Teknik merendam daging

          Teknik merendam dengan beberapa bahan memang dipercaya bisa bikin daging empuk. Misalnya, merendam dengan buah-buahan seperti kiwi, nanas, pepaya, dan pir. Buah-buahan tersebut mengandung enzim protease yang dapat memecah protein di daging. Contohnya dalam buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa bikin daging empuk. Buah nanas cukup diparut dan dihaluskan. Lalu baluri daging dengan nanas dan diamkan selama 2 sampai 3 jam sebelum daging dimasak. "Buah tropical (seperti nanas) adalah sumber bromelain, enzim yang dapat menjadi anti inflamasi. Bromelain juga dapat memecah protein, jadi ini sempurna untuk membuat daging empuk," kata Sally Kuzemchak dalam buku 101 Healthiest Foods for Kids.

2. Teknik 5-30-7

          Teknik 5-30-7 dipercaya bisa membuat daging empuk, menghemat waktu masak, dan penggunaan gas elpiji. Teknik ini dilakukan dengan cara merebus daging selama 5 menit dengan panci tertutup. Setelah 5 menit, kompor dimatikan lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, rebus kembali masakan selama 7 menit agar masakan matang sempurna.Teknik memasak 5-30-7 bisa digunakan untuk memasak beberapa jenis makanan selain daging. Misalnya, memasak kacang hijau, bubur nasi, singkong, ubi, dan lontong. Kunci utama dari teknik 5-30-7 adalah tidak membuka tutup panci sampai selesai masak.

3. Teknik Sous Vide

          Teknik Sous Vide adalah metode sehat dalam memasak daging agar empuk. Teknik ini dilakukan dengan membungkus daging dalam kantong plastik kedap suara dan merendamnya dalam air yang bersuhu rendah. Tingkat kelembutan daging menyesuaikan suhu air, Bun. Teknik ini banyak digunakan untuk memasak steak daging, ayam, dan ikan. Perkiraan waktu merendam juga menyesuaikan jenis daging yang ingin dimasak. Daging yang dibungkus plastik biasanya dicampur dengan bumbu-bumbu seperti lemon, minyak zaitun, dan bawang putih. Panduan waktu dan suhu memasak dengan teknik Sous Vide bisa dilihat di berbagai situs memasak di internet.

Selamat mencoba sahabat, emoga bermanfaat!

Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.