Ketupat

                Ketupat terbuat dari beras yang direbus sebagai pengganti nasi di perayaan lebaran. Beras yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa muda ini akan dipotong-potong dan disajikan bersama hidangan wajib lainnya.

Opor ayam

                Makanan wajib saat lebaran adalah opor ayam. Makanan ini sering dipasangkan dengan ketupat pada saat lebaran.

Opor ayam berbahan dasar daging ayam, santan dengan campuran rempah-rempah lainnya. Rasanya yang lezat dan gurih mampu menggugah selera.

Kue kering / cookies

                Kue kering merupakan makanan favorit untuk disajikan di meja ruang tamu pada hari lebaran. Kue kering yang disajikan antara lain; Nastar, Kastengels, Kue Semprit, Putri Salju, Lidah Kucing, dan Pastel. Kue yang paling favorit biasanya kue Nastar.

Lontong sayur

                Lontong sayur biasanya dapat ditemui dengan mudah saat pagi hari di akhir pekan ketika banyak keluarga memutuskan untuk pergi sarapan bersama di luar rumah. Namun, lontong sayur ternyata juga sering dijadikan menu lebaran favorit banyak orang di Hari Raya Idulfitri. Masakan lontong sayur sendiri merupakan hidangan khas Minangkabau yang identik dengan kuah santan dan bumbu khas masakan Minang.

Sambal Goreng Hati dan Kentang

                Menu lebaran berikutnya adalah sambal goreng hati atau yang juga dikenal dengan sebutan sambal goreng ati. Hidangan ini umumnya terbuat dari bahan dasar hati dan ampela ayam, bumbu sambal, serta potongan kentang. Namun kamu juga bisa mengganti hati dan ampela ayam menggunakan hati sapi. Selain dihidangkan pada saat momen lebaran, sambal goreng hati juga sering dihidangkan untuk berbagai acara lainnya, seperti pesta pernikahan dan acara arisan.