Kusen Upvc Bandung, Kusen Upvc, Harga Kusen Upvc Per Meter, Harga Kusen Upvc 2019, Harga Kusen Upvc Vs Aluminium, Kusen Pintu Upvc, Kusen Jendela Upvc, Merk Kusen Upvc Terbaik, Kusen Upvc Adalah, Harga Kusen Upvc Bandung

Bau mulut menjadi salah satu masalah saat puasa. Bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari kebersihan hingga makanan yang dikonsumsi. Bau mulut saat puasa umumnya disebabkan oleh mulut kering.

Mulut kering bisa disebabkan oleh dehidrasi. Ini merupakan salah satu masalah yang kerap muncul saat berpuasa. Saat puasa, mulut tidak memiliki air liur yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah. Air liur secara alami berperan membersihkan mulut. Jika mulut secara alami kering, bau dapat menumpuk.

Cara untuk mengatasi mulut kering, di antaranya adalah dengan rutin membersihkan mulut, berkumur, dan mengonsumsi makanan dan minuman yang menghidrasi. Salah satu makanan yang bisa menghidrasi adalah buah-buahan. Buah segar yang renyah membantu memproduksi air liur, yang membersihkan bakteri penghasil bau di mulut.

Buah-buahan ini bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Anda bisa mengonsumsinya saat berbuka dan sahur. Selain itu, untuk menghindari bau mulut, pastikan untuk menghindari makanan pedas dan minuman manis yang dapat menyebabkan mulut kering selama berpuasa.

Berikut 7 buah yang bisa membantu mencegah bau mulut saat puasa:

1. Apel

Apel termasuk buah yang renyah. Ia meningkatkan produksi air liur dan membantu membersihkan mulut. Apel telah terbukti menjadi salah satu makanan terbaik untuk mengurai senyawa berbau, berkat polifenolnya. Selain itu, tekstur apel juga membantu dalam menghilangkan kelebihan plak di gigi. Apel dapat memberikan kelembapan pada mulut yang diperlukan untuk menghilangkan bakteri.

Apel dapat membantu mengurangi plak dan sisa-sisa makanan di gigi, yang biasanya jadi sumber bakteri penyebab mulut bau. Buah renyah seperti apel, yang juga kaya akan serat adalah cara paling ampuh dalam menghilangkan bau mulut.

2. Stroberi

Stroberi berfungsi ganda untuk mengatasi bau mulut . Bau mulut bisa berasal dari dehidrasi atau mulut kering. Karena kandungan airnya tinggi, makan stroberi akan memberi dosis hidrasi dan membantu air liur mengalir. Stroberi juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Vitamin C membuat bakteri dan kuman sulit hidup di mulut, sehingga bisa mencegah bau mulut tidak sedap. Asam yang dihasilkan buah ini dapat membantu mencegah bakteri jahat berkembang biak di dalam mulut.

3. Semangka 

Semangka dikenal sebagai buah kaya air. Mengunyah buah dan sayuran yang mengandung banyak air dapat membantu menjaga kelembapan mulut dan juga bebas bakteri. Air yang banyak pada semangka membantu membasahi bagian-bagian mulut dan mencegah berkembangnya bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Kurangnya air liur dalam mulut bisa menyebabkan napas jadi berbau tidak sedap, semangka yang mengandung banyak air bisa membantu mencegah bau mulut tersebut. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu mencegah kerusakan bagian mulut.

4. Melon

Melon menyediakan banyak vitamin C dan air. Vitamin C pada melon bisa menghambat bagi bakteri jahat di mulut untuk berkembang. terdiri dari sekitar 90% air. Kandungan airnya yang tinggi menghidrasi mulut dan menjauhkan bakteri. Melon juga mengandung folat, magnesium, dan vitamin K.

5. Jeruk dan Lemon

Jeruk

Vitamin C pada jeruk adalah sumber yang sangat baik untuk mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Mengonsumsi buah jeruk saat berbuka dan sahur bisa meminimalkan bau mulut. Vitamin C juga mencegah banyak infeksi gusi, yang pada akhirnya akan meminimalkan bau mulut.

Buah jeruk juga kaya akan air. Ini bisa mencegah dehidrasi yang menyebabkan mulut kering.

Lemon

Isap irisan lemon, kunyah sedikit kulitnya, atau tambahkan sedikit ke air. Ini karena vitamin C dalam lemon membantu menghilangkan bau mulut. Keasaman buah membuat mulut memproduksi lebih banyak air liur.

Anda juga bisa menambahkan beberapa sendok jus lemon ke air dan menggunakannya sebagai obat kumur. Ini adalah rasa yang menyegarkan dan akan membatasi bau mulut.

6. Pir

Sama dengan semangka, buah pir juga memiliki kandungan air yang banyak. Kandungan air dalam buah pir tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri. Dengan mengonsumsi buah pir, kamu bisa mendapatkan sensasi mulut terasa lebih segar dan bebas dari bau mulut.

7. Nanas

Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah pengobatan tercepat dan paling efektif untuk bau mulut. Anda bisa mencoba segelas jus nanas organik setelah setiap makan, atau kunyah irisan nanas selama satu hingga dua menit.

Penyebab bau mulut saat puasa

Tidak segera membersihkan mulut saat sahur

Terkadang saat sahur, keinginan untuk tidur kembali bisa sangat besar. Ini bisa membuat Anda melewatkan aktivitas membersihkan mulut. Tidak menyikat gigi sebelum tidur dan sesaat setelah sahur dapat menyebabkan bau mulut. Ketika mulut tidak dibersihkan, bakteri bisa memecah partikel makanan yang terperangkap di gigi atau mulut. Kombinasi bakteri dan makanan busuk di mulut ini akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Mulut kering

Saat puasa, mulut akan cenderung menjadi kering. Mulut kering bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Saat puasa, mulut tidak memiliki air liur yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah. Air liur secara alami berperan membersihkan mulut. Jika mulut secara alami kering, bau dapat menumpuk.

Dehidrasi

Dehidrasi dapat membuat mulut kering yang menjadi penyebab bau mulut. Dehidrasi dapat menyebabkan bau mulut karena bakteri yang hidup di mulut cenderung bertambah banyak saat mulut mengering. Dehidrasi menyebabkan penurunan produksi air liur yang melawan banyak bakteri ini. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk memenuhi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka puasa.

sumber : https://www.liputan6.com/ramadan/read/4527096/7-buah-untuk-cegah-bau-mulut-saat-puasa-konsumsi-saat-sahur-dan-buka

Temukan artikel menarik serta informasi mengenai UPVC Bandung, Kusen UPVC, PINTU UPVC, UPVC CONCH, KUSEN UPVC MURAH, KUSEN UPVC ANTI BOCOR, KUSEN UPVC BANDUNG, UPVC, dan artikel menarik lainnya di UPVC BANDUNG BY TETA.