Setiap rumah pasti memiliki jendela. Jendela digunakan sebagai salah satu jalan untuk tukarnya udara dari dalam rumah digantikan dengan udara bersih dari luar rumah (biasanya terjadi saat pagi). Jendela rumah juga memegang peranan yang sangat penting bagi desain rumah tersebut salah satunya yakni untuk mempercantik tampilan rumah. Nah, ingin tahu manfaat lengkapnya terkait jendela yang ada di rumah? Berikut informasinya untuk anda.

Sirkulasi Udara

Jendela memiliki manfaat salah satunya yakni sebagai tempat terjadinya sirkulasi udara apabila suatu rumah tidak memiliki ventilasi yang cukup. Jendela dapat membantu memberikan sirkulasi udara dalam ruangan sehingga udara lama yang berada dalam ruangan tersebut bisa digantikan dengan udara baru yang lebih segar.

Menikmati Pemandangan


Manfaat jendela yang selanjutnya yakni membantu anda untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitar rumah anda tanpa harus membuka pintu rumah sehingga jendela bisa dinilai lebih praktis. Menikmati pemandangan akan membuat seseorang jauh dari pikiran yang stress yang merupakan akibat dari aktifitas sehari-hari yang menumpuk dan memaksa tubuh untuk selalu tegang. Selain itu, pemandangan juga dinilai untuk mengurangi berbagai penyakit.

Sebagai Dekorasi Suatu Rumah

Jendela juga sangat bermanfaat untuk hiasan atau dekorasi rumah. Biasanya pemilik rumah yang memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi akan menuangkan segala kemampuannya untuk mendesain jendela rumahnya agar terkesan mewah, antik, atau bahkan terlihat indah bagi orang lain yang melihatnya.
Nah, apabila anda merasa jatuh cinta dengan desain minimalis, anda bisa menuangkan segala pikiran nada untuk membuat tempat tinggal anda berdesain minimalis, tak terkecuali perabotan atau kebutuhan lainnya, salah satunya yakni jendela minimalis. Berikut ini beberapa model jendela berkonsep minimalis.

Stationary Window

Model jendela stationary window ini tidak dapat dibuka atau diistilahkan dengan jendela yang memiliki kaca mati. Biasanya jendela minimalis jenis ini dipasang di sudut rumah dan cocok diaplikasikan pada rumah yang memiliki desain minimalis sehingga akan membuat desain rumah tersebut terlihat modern.

Casement Window

Model jendela yang satu ini bisa dibuka, yang mana lain halnya dengan desain stationary window sebelumnya. Nah jenis jendela ini dapat dibuka dengan lebar karena memiliki engsel di bagian sampingnya. Biasanya jenis jendela ini dipasang di dekat pekarangan rumah sehingga akan semakin memudahkan proses sirkulasi udara ke dalam rumah tersebut.

Sliding Panel

Jenis jendela ini bisa dibuka dengan cara menggesernya. Biasanya sliding panel ini digunakan di bagian ruang tidur atau dapur rumah.

Picture Window


Sama halnya dengan stationary window dimana kaca di picture window ini tidak bisa dibuka (mati). Namun yang membedakan antara picture window dan stationary window yakni ukuran kaca yang digunakan dalam picture window lebih besar ukurannya dibandingkan dengan stationary window. Picture window ini bisa digunakan bagi anda yang mengusung desain minimalis dengan konsep rumah kaca.

Setelah anda mengetahui jenis-jenis jendela berkonsep minimalis, kini satnya anda menentukan dimana anda harus membeli jendela minimalis atau meubel yang jual jendela rumah minimalis tersebut. Apabila anda merasa awam dalam bidang desain atau pertukangan, anda bisa mengajak tukang langganan anda untuk memilihkan jenis jendela yang sekiranya cocok diaplikasikan di rumah minimalis anda.

Dalam memilih sebuah jendela, anda bukan hanya melihat dari material apa jendela tersebut dibuat, melainkan juga memperhatikan terkait harga jendela tersebut. Biasanya di usaha yang menjual material atau perabotan untuk rumah juga jual jendela rumah minimalis. Pilihlah harga jendela yang murah namun dengan material yang berkualitas yang tentunya anda bisa mendapatkannya di meubel yang terpercaya.