Filled Under:

Desain Ruang Shabby Chic Terjangkau dan Instagramable

Share

Apakah Anda pecinta tampilan shabby chic? Desain ruangan yang identik dengan sebutan 'desainnya kaum hawa' ini memang sedang tren dan beredar di media sosial, karena sering digunakan sebagai studio foto yang ‘instagramable’. Jika Anda baru mendengarnya, desain jenis ini dicirikan dengan pola bunga-bunga dan warna-warna pastel yang mendominasi hampir seluruh ruangan tak terkecuali perabotan.

Shabby chic merupakan tampilan bergaya eklektik yang memadukan perabot antik dengan warna pastel, renda, dan motif bunga yang feminin. Shabby chic juga seringkali disebut sebagai tampilan bergaya elok yang khas Eropa kuno.

Bagaimana menciptakan tampilan shabby chic pada rumah? Cukup mudah, karena segala perlengkapan yang dibutuhkan tampilan ini sangat terjangkau. Anda bisa membelinya dengan ciri hiasan bergambar bunga pada komponen kayu. Atau mungkin Anda bisa membuat dan mengkreasikan sendiri, salah satunya dengan teknik decopauge. Jangan khawatir, karena tutorial teknik ini bisa Anda temui menjamur di media sosial.

Tampilan shabby chic ini bisa diterapkan hampir di seluruh ruangan, tak terkecuali kamar mandi dan dapur. seperti dilansir dari laman idealhome, berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda terapkan.

1. Kamar tidur


Kesan feminin akan hadir dalam kamar tidur dengan tampilan shabby chic. Pilih tempat tidur antik atau bergaya kuno, lengkapi dengan beberapa lapisan bantal, guling, selimut, atau gorden berwarna pastel dengan motif bunga. 



Pada perabot seperti lemari dan meja, baiknya dihiasi dengan warna cat putih atau krem. Bisa juga, tambahkan lampu tidur bergaya kuno atau hias dinding kamar dengan sentuhan motif bunga yang feminim. 

2. Ruang tamu

Pada dinding ruang tamu, pilih warna-warna yang menciptakan suasana tenang seperti abu-abu, biru laut, dan putih. Kemudian isi ruang tamu dengan sofa yang juga berwarna senada dengan dinding. Hiasi sofa dengan bantal-bantal atau lapisan sofa dengan kain bergaya pacthwork. 




Tambahkan seisi ruang dengan perabot lainnya seperti lemari buku, meja, vas bunga dengan warna senada dan lembut, serta berukuran sesuai. Bisa juga hadirkan aksesoris keramik bermotif mix and match atau bunga-bunga.

3. Dapur

Isi dapur dengan perabot-perabot unik atau kuno. Beri warna mencolok nan segar seperti biru telur asin, biru laut, dan putih. Tak lupa, beri hiasan khas dari shabby chic, yaitu motif bunga warna-warni yang feminim. Atau, hiasi dapur dengan nuansa kayu, seperti pada dinding dan perabotnya.


4. Kusen, Jendela, dan Pintu Putih UPVC

Desain ruang Shabby Chic identik dengan warna yang lembut seperti putih. Maka, kusen, jendela, dan pintu putih UPVC merupakan pilihan tepat untuk mewujudkan gaya desain ruang tersebut. Hal ini dikarenakan Kusen, Jendela, dan Pintu Putih UPVC finishing-nya sangat mulus (tidak bertekstur seperti kayu) dan juga dilapisi coating yg membuat warna lembutnya bertahan lama.