Beberapa waktu yang lalu, sebuah menara di London bernama Grenfel Tower mengalami kebakaran hebat. Setidaknya 600 orang menjadi korban akibat kebakaran hunian bertingkat tersebut. Dari 600 orang yang menjadi korban, 17 diantaranya dinyatakan meninggal dunia dengan kondisi jasad tak lagi dapat dikenali karena hangus terbakar, jumlah tersebut diperkirakan terus meningkat seiring dengan pencarian korban disisa tembok yang terbakar didalam apartemen tersebut.

Menara yang didirikan pada tahun 1974 tersebut mengalami kebakaran hebat selama 36 jam! Ajaibnya gedung menara masih kokoh berdiri setelah diserang si jago merah. Dibalik kekokohan gedung tersebut, ternyata penghuni menara tersebut sudah sejak lama mengeluh soal faktor keselamatan. Namun, pihak pemerintah setempat mengabaikan keluhan warga tersebut.

Faktor keselamatan memang menjadi salah satu pertimbangan penting dalam perencanaan pembangunan suatu konstruksi. Salah satu faktor keselamatan tersebut, yaitu penggunaan bahan atau material konstruksi.

UPVC atau Unplasticized Poly Vynil Chloride merupakan suatu material turunan plastik yang telah mengalami proses minimalisasi karakter plastisnya, sehingga strukturnya menjadi keras. Bagian dalam Kusen UPVC diberi rangka sehingga kusen ini lebih kokoh dan berat. Rangka tersebut terbuat dari baja, namun ada pula yang dari besi galvanis. Perbedaan rangka inilah yang menyebabkan harga UPVC berbeda-beda. UPVC yang berprofil baja tentu harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan yang menggunakan besi galvanis.

Sementara itu, UPVC disambung langsung di pabrik dengan menggunakan teknik pembakaran/pemanasan sehingga lebih kuat  dan lebih tahan bocor. Kusen yang terbuat dari UPVC telah dilapisi dengan bahan fire retardant yang bisa memperlambat laju api. Hal ini tentu akan berbeda dengan kusen kayu yang dapat menjadi medium rambat api.


Kemampuan memperlambat laju api yang dimiliki oleh UPVC, membuat bangunan dapat berdiri lebih lama jika diserang si jago merah. Selain itu penggunaan UPVC juga dapat meminimalisir jatuhnya material kusen/pintu (seperti yang terjadi pada material kayu) sehingga akan mempermudah proses evakuasi. Material UPVC juga akan mempermudah proses pemadaman api karena dilapisi bahan fire reterdant. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan material UPVC tentu akan meminimalisir dampak akibat kebakaran seperti yang dialami oleh menara Grenfel di London. 

Bencana alam seperti kebakaran dapat terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Tugas kita adalah mencegah hal tersebut dan mempersiapkan segala kemungkinan jika kebakaran tersebut terjadi. Semoga artikel ini dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih material yang digunakan pada bangunan anda.

Hubungi kami untuk mendapatkan Kusen, Jendela, dan Pintu UPVC terbaik!

Sumber gambar utama: Kompas.com

Kata Kunci: upvc, upvc conch, kusen upvc bandung, kusen upvc murah, kusen upvc anti bocor, kusen kedap suara, jendela upvc bandung, jendela kedap suara, jendela sliding, jendela geser upvc, pintu upvc, pintu geser upvc, pintu upvc, pintu lipat, folding door, pintu lipat upvc